STUDI DI JERMAN

Tujuan utama kami membantu memfasilitasi individu maupun lembaga mendapatkan akses ke pusat pendidikan terbaik di Jerman dengan memberikan pelayanan persiapan studi secara paripurna. Harapan kami setiap orang akan mendapatkan kemudahan dalam proses persiapannya dan dapat mengikuti pendidikan di negara Jerman dengan lancar dan baik.

Pokok pelayanan kami yaitu dibidang persiapan bahasa, cross culture, penyetaraan materi akademik (Academic bridging course), dokumen studi dan pendampingan untuk masa waktu tertentu di negara Jerman.

Selama lebih dari lima tahun kami telah berpengalaman memfasilitasi individu maupun lembaga mendapatkan pelayanan pendidikan terbaik di negara Jerman. Sampai saat ini kami adalah mitra dari beberapa pemerintahan daerah yang memberikan beasiswa kepada putra-putri terbaiknya untuk studi di negara Jerman.

Kami sangat senang jika dapat menjalin kerjasama yang lebih luas dengan lebih banyak lembaga yang mempunyai kepedulian dengan pendidikan anak bangsa terutama dalam memberikan kesempatan pendidikan dengan wawasan dan jaringan internasional.

Indonesia Membuktikan

B.J Habibie icon pendidikan Made in Jerman
Di Indonesia tradisi untuk menimba ilmu ke luar negeri sebenarnya telah dilakukan sejak era awal kemerdekaan. Presiden RI pertama, Ir Soekarno di era 60-an pernah mengirim banyak pemuda indonesia untuk bersekolah ke luar negeri seperti ke Rusia, Jerman, dan Belanda, meskipun tidak berjalan mulus seiring peristiwa 1965 yang telah mengubah semuanya, banyak pemuda tersebut yang takut kembali ke Tanah Air.
Era pertengahan tahun 70an tepatnya antara tahun 1973 s.d 1978 seorang putra Indonesia berhasil menjadi Wakil Presiden Direktur Messerschmitt-Bölkow-Blohm atau MBB Hamburg, sebuah perusahaan industri pesawat terbang Jerman. Dia adalah B.J Habibie, seorang mahasiswa Indonesia yang pendidikan tingginya sepenuhnya di lakukan di Jerman dari tingkat strata satu (s1) sampai doktoral. Sejak saat itu Jerman menjadi magnet bagi sebagian besar orang Indonesia untuk studi di luar negeri.
Sampai tahun 2008 menurut statistik resmi dari pemerintah Jerman, jumlah mahasiswa Indonesia di Jerman ada di ranking ke lima dengan jumlah sekitar 2.400an mahasiswa sedangkan peringkat terbanyak pertama dari China, sekitar 24.746 mahasiswa diikuti oleh Korea Selatan 5.208, Vietnam 3.671, dan diperingkat ke empat India dengan mahasiswa sebanyak 3.516 orang.

Mengapa Jerman

Mengapa Jerman?
Jerman terletak di jantung Eropa. 82 juta penduduk tinggal di sana dan 7,3 juta diantaranya adalah orang asing. Jerman memiliki 9 negara tetangga yaitu Denmark di utara, Belanda dan Belgia di barat laut, Perancis dan Luksemburg di barat, Austria dan Swiss di selatan, Republik Ceko dan Polandia di timur.
Tahukah Anda bahwa seratus tahun yang lalu setengah dari jumlah mahasiswa yang studi di luar negeri belajar di Jerman? Pada waktu itu Jerman merupakan magnet bagi mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan terbaik. Jerman memiliki tradisi universitas yang panjang. Universitas tertua di Jerman adalah Ruprecht-Karls-University Heidelberg yang didirikan tahun 1386.

Beberapa alasan utama untuk studi di Jerman saat ini adalah:
  • Dengan lebih dari 300 institusi pendidikan tinggi yang tersebar di seluruh negeri, Jerman memiliki kepadatan universitas yang tidak ada tandingannya di seluruh dunia, dengan kualitas yang hampir merata dan bereputasi internasional
  • Biaya hidup bagi mahasiswa di Jerman dapat ditekan lebih rendah dengan cara menggunakan bantuan bagi mahasiswa dan potongan harga. Rata-rata biaya hidup 800 euro per bulan (per 2011)
  • Bahasa Jerman merupakan bahasa pertama yang paling banyak digunakan di Eropa oleh kurang lebih 100 juta penutur. Kekuatan bisnis dan industri Jerman serta aktivitas perusahaan dan korporasi Jerman yang makin mendunia juga menjadikan bahasa Jerman sebagai bahasa yang penting di pasar internasional
  • Waktu luang yang luas di luar jam belajar dapat dimanfaatkan untuk bekerja sebagai bagian dari meningkatkan pengayaan pengalaman dan tambahan uang saku
  • Beberapa institusi pendidikan tinggi Jerman menawarkan jurusan dengan gelar internasional. Jurusan tersebut dibuka untuk menarik mahasiswa asing dan Jerman yang mencari pendidikan dengan dimensi internasional. Rentang kesempatan studi mencakup jenjang S1, S2 dan S3 (Bachelor, Master dan Ph. D). Perkuliahan diselenggarakan dalam bahasa Inggris, seringkali selama tahun pertama sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Kursus bahasa Jerman juga ditawarkan sebelum dan selama perkuliahan
  • Hampir semua universitas di Jerman dibiayai oleh negara. Sejauh ini mahasiswa Jerman dan asing dapat melaksanakan studi dan penelitian mereka tanpa perlu mengkhawatirkan uang kuliah. Situasi ini sekarang berubah. Universitas di Jerman mulai menerapkan uang kuliah. Bagaimana dan berapa besar uang kuliah tergantung dari kebijakan masing-masing negara bagian. Bagaimanapun besarnya uang kuliah di Jerman lebih rendah dibanding dengan negara barat lainnya

Tiga Sistem Pendidikan Tinggi Di Jerman

  1. Universitas

    Universitas Jerman bukan hanya tempat berlangsungnya pendidikan dan pelatihan, namun juga tempat dilaksanakannya penelitian murni dan terapan yang independen. “Pendidikan dan ilmu pengetahuan murni“ menuntut agar mahasiswa terlibat kerja akademis yang disiplin. Universitas memberikan gelar akademis Diploma, Magister, Bachelor, Master serta Doktor. Universitas berhak menganugerahkan Habilitation, kecakapan mengajar bagi professor.

    Jurusan yang dibuka di universitas mencakup kedokteran, ilmu pengetahuan alam, teknik, humaniora, hukum, teologi, ekonomi/business administration, dan ilmu sosial, pertanian dan kehutanan.

  2. Fachhochschule (FH)

    Fachhochschule adalah elemen istimewa dalam sistem pendidikan tinggi Jerman. Namun FH cepat terkenal. Seperempat dari seluruh mahasiswa sekarang memutuskan untuk studi di FH. Jumlah mahasiswa yang studi di FH meningkat 5 kali lipat sejak pertama kali dibentuk. Lebih singkatnya jalur menuju dunia kerja menjadi hal yang menarik mahasiswa untuk studi di FH. Studi di FH lebih fokus pada praktek. Penyusunan perkuliahan yang ketat, pengajaran dalam kelompok yang kecil, penilaian terus-menerus melalui ujian, dan pilihan mata kuliah yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja memungkinkan masa studi di FH lebih singkat dibanding di universitas.

    Jadi di FH berlangsung pengajaran dan juga penelitian. Namun, penelitian yang berfokus pada praktek dan lebih berbasis aplikasi. Oleh karena itu, jurusan yang berfokus pada teori secara absolut tidak ditawarkan di FH. Jurusan yang dibuka diarahkan khususnya untuk mencetak profesional yang mengenyam pendidikan praktis dan akademis dalam bidang teknik, business administration, desain, dan pelayanan sosial. Gelar akademis yang diberikan pada umumnya adalah Diplom (FH).

  3. Colleges of Art, Music and Film (Sekolah Tinggi)

    Pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film di Jerman bertujuan mempersiapkan lulusannya untuk berkerja sebagai artis atau musisi profesional, profesional di bidang desain, film dan media serta pengajar di bidang artistik. Secara substansi pendidikan di Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film berbeda dengan di universitas.

    Untuk penerimaan masuk, pelamar harus membuktikan bahwa dia telah memiliki kualifikasi masuk ke perguruan tinggi (contohnya surat tanda tamat belajar) yang setara dengan kualifikasi Jerman. Di samping itu, pelamar harus menguasai bahasa Jerman dengan baik sebab secara umum bahasa pengantar di Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film adalah bahasa Jerman. Pada umumnya pelamar yang memenuhi syarat kemudian harus mengikuti tes kemampuan atau mempresentasikan contoh karyanya. Namun demikian, Anda sebaiknya menanyakan langsung ke masing-masing perguruan tinggi, karena syarat masuk dapat berbeda antara satu dengan yang lain.

    Masa studi berkisar antara 8-12 semester tergantung dari jurusan yang diambil. Gelar yang diberikan pada umumnya adalah Diploma.

Tahapan Program

SELEKSI
Untuk menjaring siswa yang benar-benar siap dan mampu mengikuti pendidikan di luar negeri diperlukan sebuah sistem seleksi yang komprehensif, yang meliputi empat tahap seleksi, yaitu;
  1. Verifikasi Dokumen Akademik;
  2. Test Potensi Akademik (TPA)
  3. Test Kemampuan Akademik-MaFiKi (Matematika, Fisika, Kimia) untuk program teknik
  4. Test Bahasa Inggris
  5. Psikotest/Wawancara
Bagi peserta yang lolos seleksi akan mengikuti predeparture training. Persiapan ini akan dilaksanakan selama jangka waktu 6 bulan yang meliputi kursus bahasa, Cultural Orientation for Personal Effectiveness (COPE), dan Academic Bridging Courses

PREDEPARTURE TRAINING
Kursus Bahasa:
  1. Kursus intensif level A1
  2. Kursus intensif level A2
  3. Kursus intensif level B1
  4. Conversation class
  5. Vorbretiungskurs
  6. Persiapan ujian sertifikat
  7. Persiapan ujian aufnahme
Academic Bridging Courses:
  1. Pre tes matematika dasar
  2. Pre tes fisika dasar
  3. Pre tes kimia dasar
  4. Bimbingan matematika dasar pra universitas
  5. Bimbingan fisika dasar pra universitas
  6. Bimbingan kimia dasar pra universitas
  7. Bimbingan teknologi informasi dan komputer dasar
  8. Evaluasi hasil belajar berkala
Persiapan Dokumen Akademik:
  1. Konsultasi pemilihan jurusan
  2. Konsultasi pemilihan studienkolleg/universitas
  3. Konsultasi pembuatan curriculum vitae (CV)
  4. Konsultasi pembuatan motivation letter
  5. Penterjemahan dokumen akademik
  6. Legalisasi dokumen akademik di Kedutaan
  7. Pendaftaran masuk ke 5 (lima) studienkolleg
  8. Pengiriman dokumen aplikasi pendaftaran
  9. Bimbingan dan pengurusan tes masuk studienkolleg
  10. Pengurusan passport
  11. Pengurusan bukti keuangan di DeutschBank dan Kedutaan Jerman
  12. Pengurusan visa studi
Culture Orientation for Personal Effectiveness:
  1. Workshop sistem pendidikan Jerman
  2. Workshop sistem sosial dan budaya masyarakat Jerman
  3. Workshop kepemimpinan dan konsep diri
  4. Psikotes (kemandirian, adaptasi dan semangat hidup)
  5. Konseling hasil psikotes
  6. Tes minat bakat
  7. Konseling hasil tes minat bakat
  8. Pendidikan karakter
  9. Bimbingan rohani dan spiritualitas
  10. Aktifitas luar ruangan (olah raga dan rekreasi)
DEPARTURE –ARRIVAL SERVICE
  1. Reservasi tiket pesawat one way (Jakarta-Berlin)
  2. Pengurusan bagasi
  3. Airport handling, imigrasi dan pelepasan siswa
  4. Pendampingan di pesawat
  5. Tas kabin
  6. Airport tax
  7. Penjemputan di bandara Jerman
  8. Transportasi dari bandara ke tempat tinggal di Jerman
BIMBINGAN DAN PENDAMPINGAN SEMENTARA DI JERMAN
  1. Pendampingan imigrasi bandara di Jerman
  2. Pendaftaran akomodasi sementara di Jerman
  3. Pendampingan akomodasi sementara di Jerman
  4. Pendaftaran kursus bahasa intensif di Jerman
  5. Pendampingan kursus bahasa intensif di Jerman
  6. Pendampingan aktivasi rekening bank
  7. Pendampingan pembuatan asuransi kesehatan (krankenversicherung)
  8. Pendampingan berlangganan alat komunikasi (handphone dan telepon lokal)
  9. Pendampingan pengurusan tiket transportasi bulanan
  10. Workshop pendampingan perpanjangan visa studi tetap jangka panjang
  11. Pendampingan pendaftaran ijin tinggal tetap di kantor imigrasi
  12. Pendampingan proses lapor diri di KBRI/Konsulat Jendral RI di Jerman
  13. Orientasi dan pengenalan secara umum kota, studienkolleg dan kursus bahasa
  14. Pengenalan kebutuhan sehari-hari, fasilitas ibadah dan objek wisata
  15. Program pengenalan dengan komunitas Indonesia di Jerman
  16. Pendampingan pada saat ujian masuk studienkolleg (aufnahmetest)
  17. Pendampingan pada saat daftar ulang di studienkolleg
  18. Pendampingan pencarian tempat tinggal tetap dimana siswa sudah diterima di studienkolleg
  19. Pendampingan orientasi kota, transportasi, tempat tinggal dan fasilitas studienkolleg
  20. Laporan pendampingan siswa/i di Jerman (3 kali)

Instudia

Surapati Core Blok C No. 6

Jl. PH.H. Mustofa No. 39 Pasirlayung Cibeunying Kidul
Kota Bandung 40192

+62 22 7203975
+62 811138100

Social Media

Please publish modules in offcanvas position.