Tips Bersosialisasi Dengan Orang Jerman

Menjalin persahabatan di Jerman sering menjadi salah satu keluhan terbesar para pendatang asing baik itu untuk bekerja ataupun studi.

Dua survei berbeda yang dilakukan pada tahun 2016 mencerminkan bahwa banyak pengalaman para pendatang sulit untuk menjalin persahabatan bahkan persaudaraan karena orang-orang Jerman dianggap tidak ramah. Padahal itu salah besar.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu anda mengenal dan menjalin persahabatan dengan orang Jerman:

  • Cari hobi dan bergabung dengan klub

Orang Jerman itu senang sekali bergabung dengan sebuah klub. Mulai dari klub buku hingga klub olahraga. Dengan bergabung dengan klub setidaknya memaksa anda untuk lebih sering berinteraksi dan terhubung dengan banyak anggota lainnya yang notabene orang Jerman.

Dan jika anda takut bahasa Jerman anda tidak cukup baik, setidaknya anda melakukan banyak aktivitas untuk berbagi dan mempelajari serta membahas suatu hal walau itu hanya dengan bahasa tubuh.

  • Ambil kelas bahasa Jerman atau ikut kursus bahasa Jerman

Sejumlah pendatang merasa bahwa kemampuan berbahasa Jerman yang dia miliki sudah cukup, sehingga malas untuk terus belajar dan mendalaminya meskipun tinggal di Jerman selama bertahun-tahun. Memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bahasa ibu (dalam hal ini bahasa Jerman) secara otomatis akan membuka lebih banyak pintu untuk anda secara sosial.

  • Buatlah rencana, jangan hanya menunggu untuk diundang

Sebenarnya pendekatan ini lebih terasa apabila anda telah lulus dari universitas dan ingin berkarir sementara di Jerman. Ketika anda lulus akan ada perubahan dalam kehidupan sosial anda, yang tadinya teman-teman satu kampus ada dan dekat dengan anda akan segera meninggalkan anda. Tapi tidak ada salahnya anda membiasakan pendekatan ini.

  • Perluas minat dan kosakata

Ketika anda berada di negara asal anda, dalam diskusi atau obrolan tentunya sangat mudah untuk mengambil topik yang dibicarakan. Hal ini tidak selalu dapat dilakukan dan diterjemahkan dengan baik di negara lain. Orang-orang yang berada disekeliling anda tidak tumbuh dengan referensi budaya yang sama.

Lebih baik banyak bertanya kepada mereka tentang apa saja yang mereka suka lakukan atau tradisi mereka. Dari situ anda bisa memulai suatu obrolan yang mengasyikkan.

  • Cari mitra atau partner

Jika dalam kelas anda orang-orangnya kebanyakan bersikap pendiam, mungkin pendekatan ini perlu dilakukan. Mencari mitra atau partner diluar lingkungan sekitar anda. Bisa saja orang tersebut bukan orang Jerman tapi memiliki semangat tinggi yang sama dengan anda dalam hal bagaimana belajar dan hidup di negeri orang.

  • Mulai dengan teman sekamar Anda (tapi jangan terlalu mengandalkannya juga)

Bila anda ingin menghemat biaya tempat tinggal, anda dapat memilih opsi berbagi atau istilahnya flatshare. Memiliki teman sekamar sosial yang sudah tahu kota dan budaya lokal bisa menjadi pintu gerbang besar untuk bertemu lebih banyak orang. Tapi anda juga harus bisa menjaga situasi dan kondisi hubungan anda, jangan terlalu banyak bertanya hal-hal yang tidak perlu atau bergantung kepada mereka setiap saat.

  • Ingat istilah ‘verabredet’

Orang Jerman memiliki istilah khusus dalam berkomitmen untuk menghadiri sebuah acara bahkan acara santai sekalipun yakni: verabredet. Dan mereka menanggapi istilah ini dengan serius.

Jadi jangan katakan anda akan pergi ke suatu tempat kecuali jika anda benar-benar serius akan pergi.

  • Bersabar

Membentuk dan menjalin persahabatan selalu membutuhkan waktu, apakah itu kota baru di negara asal anda atau di luar negeri. Bahasa dan norma-norma yang berbeda ketika datang akan menjadi hambatan. Dan anda akan mudah merasa frustrasi dan putus asa. Jadi biarlah berjalan beriringan dengan waktu.

Persahabatan akan mulai membentuk secara perlahan atau mungkin lebih lambat dari yang anda perkirakan, tapi akan lebih mengena dan berarti karena proses yang alamiah dan tidak dipaksakan.

Beberapa pendekatan diatas merupakan bagian dari usaha yang perlu dicoba bila anda menginginkan banyak pertemanan bahkan persaudaraan. Perlu diingat pepapatah yang mengatakan “ dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”, bersikaplah dengan arif dan bijak.

Instudia

Surapati Core Blok C No. 6

Jl. PH.H. Mustofa No. 39 Pasirlayung Cibeunying Kidul
Kota Bandung 40192

+62 22 7203975
+62 811138100

Social Media

Please publish modules in offcanvas position.