Syarat Dan Ketentuan Kuliah Bachelor Di Jerman

Instudia akan berbagi informasi terkait studi di Jerman. Kami akan membuat tulisan berseri yang diharapkan akan membantu kalian untuk dapat memahami gambaran besar dan hal-hal teknis lainnya terkait tata cara dan persiapan untuk melanjutkan studi S1 di Jerman.

Ok, kita mulai saja dari hal yang paling mendasar, yaitu Syarat.

Apa sih syarat untuk bisa studi di Jerman?

Untuk melanjutkan studi di Jerman tidaklah sulit. Kita hanya perlu memenuhi dua syarat utama, yaitu nilai minimum UN dan Sertifikat kemampuan Bahasa. Berikut penjelasannya;

1.      Nilai rata-rata UN yang tertulis di SKHUN lebih besar atau sama dengan 6.0

Nilai akumulasi total dibagi jumlah bidang studi, itulah nilai rata-rata yang akan dilihat. Semakin tinggi nilainya semakin baik dan dengan demikian semakin besar peluang mendapatkan undangan untuk mengikuti tes masuk Studienkolleg (aufnahmetest).

Syarat ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun belakangan semakin diperketat. Meskipun masih ada beberapa Studienkolleg yang masih menerima pelamar dengan nilai rata-rata UN dibawah 6.0, namun jumlahnya semakin sedikit.

 

2.      Kemampuan Bahasa Jerman level B1 atau B2

Untuk kalian yang akan mengikuti perkuliahan kelas regular (perkuliahan dengan pengantar berbahasa Jerman), maka wajib hukumnya untuk mempunyai sertifikat kemampuan Bahasa minimal B1, lebih bagus lagi kalo B2. Semakin tinggi level kemampuan Bahasa kamu, semakin besar peluang untuk mendapatkan undangan masuk studienkolleg

Bagaimana misalnya untuk kasus dimana nilai rata-rata UN dibawah 6.0?

Sebenarnya kalian masih bisa mengajukan lamaran langsung ke Studienkolleg, cuma ya jadinya untung-untungan. Bisa saja ditolak oleh sebagian kampus namun bisa juga diterima oleh kampus yang lain. Lagipula dari beberapa kasus yang pernah kami alami, pihak imigrasi di Jerman dapat menolak permohonan visa studi kalian dengan alasan nilai dibawah standar meskipun pihak kampus telah memberikan undangan. Meskipun juga ada kasus yang lain dimana siswa kami diterima dan mendapatkan visa meskipun nilai UN-nya dibawah 6.0. Sekali lagi, sebagai sebuah syarat, nilai rata-rata UN minimum 6.0 sebaiknya dipenuhi untuk lebih mendapatkan kepastian dan kemudahan pada proses selanjutnya.

Apakah kemampuan Bahasa Jerman level B1 itu mutlak? Untuk yang akan melanjutkan studi Bachelor dengan kelas regular, maka Jawabannya, ya. Bagi mereka yang akan mengambil kelas internasional dengan pengantar berbahasa Inggris, cukup dengan sertifikat Bahasa Jerman level A1 (ini akan dibahas tersendiri).

Dimana sebaiknya mengikuti kursus Bahasa Jerman, di Jerman atau di Indonesia? Tentu saja masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Kursus Bahasa Jerman di Jerman jelas akan memberi nilai lebih, dimana lingkungan akan sangat mendukung. Masalahnya, berarti kalian harus tinggal di Jerman dan itu membutuhkan biaya hidup yang tidak murah. Buat kalian yang tidak ada masalah dengan keuangan itu bisa jadi opsi terbaik. Meskipun pihak kedutaan suka ‘iseng’ bertanya, kenapa tidak kursus di Indonesia saja? Silahkan persiapakan jawaban terbaik :)

Kami menyarankan kepada kalian untuk mengambil kursus di Indonesia. Banyak lembaga kursus Bahasa Jerman di Indonesia dengan beragam tawaran yang menarik. Di Instudia sendiri, kami menawarkan paket super intensif, dimana siswa belajar fulltime, setiap hari selama 6-8 jam dari Senin sampai dengan Sabtu. Dengan sistem belajar yang seperti itu, kami berharap kalian akan dapat menyelesaikan level B1 dalam waktu 6 s.d 9 bulan.

Setelah kedua syarat ini terpenuhi, maka kalian tinggal memenuhi ketentuan-ketentuan lainnya.. apa saja ketentuan-ketentuannya? Tunggu ditulisan berikutnya..

 

Instudia

Surapati Core Blok C No. 6

Jl. PH.H. Mustofa No. 39 Pasirlayung Cibeunying Kidul
Kota Bandung 40192

+62 22 7203975
+62 811138100

Social Media

Please publish modules in offcanvas position.